RSS Feed

Memento

MementoStoryline film Memento ini bercerita tentang “Lenny” Leonard Shelby (Guy Pearce), seorang eks-investigator sebuah perusahaan asuransi yang menderita penyakit hilang ingatan jangka pendek (semacam anterograde). Penyakit ini berbeda dengan amnesia. Keduanya biasanya sama-sama disebabkan oleh accident tertentu. Bedanya, penderita amnesia kehilangan memori yang telah lampau, sedangkan penyakit yang diderita Lenny di film ini adalah tidak bisa membuat memori baru, meskipun ia dapat mengingat dengan jelas hal-hal yang telah lampau (sebelum terjadi accident).

Penderita short-term Memory Loss ini bisa melakukan aktifitas normal, namun setelah jangka waktu tertentu ia akan lupa begitu saja apa yang sedang dilakukan dan mengapa ia melakukan hal tersebut. Sebagai contoh, dalam film ini ada scene dimana Lenny sedang dikejar-kejar oleh pria bersenjata. Di tengah kejar-kejaran, tiba-tiba ia lupa lagi ngapain. Gilanya lagi, sambil berlari itu ia tiba-tiba mengambil kesimpulan bahwa ia sedang mengejar si pria bersenjata. Hahaahh :)

Kembali ke Storyline, dikisahkan bahwa Lenny sedang menelusuri siapa pembunuh istrinya, sekaligus siapa yang memukul kepalanya hingga terbentur keras dan menyebabkan dia menderita penyakit ini. Hal yang menarik di film ini adalah bagaimana Lenny mencoba menyusun berbagai bukti dan fakta yang mengarah ke si pelaku pembunuhan (Lenny menyebut namanya John G). Selama menelusuri fakta-fakta yang telah dikumpulkan, Lenny dibantu oleh dua orang lainnya yaitu Natalie (Carrie-Anne Moss), Teddy (Joe Pantoliano). Untuk mengantisipasi dirinya melupakan fakta dan bukti yang telah dikumpulkan, Lenny selalu memotret hal-hal yang dianggap penting : orang (kawan atau lawan), barang, properti, dll dan membuat catatan kecil pada hasil jepretan tsb. Selain itu, ia juga mengumpulkan berbagai fakta, kemudian menuliskannya dalam bentuk tato di sekujur tubuhnya.

Film ber-genre mystery dan thriller ini mungkin akan sangat hambar jika hanya mengikuti plot pada storyline. Di sinilah kejeniusan sang sutradara terlihat. Christopher Nolan tidak membuat film ini dengan alur maju, tidak dengan alur mundur, namun alur mundur-maju. Yah, film Memento ini sendiri menjadi awal sukses dari karir Christopher Nolan. Setelah sukses pada film ini, Nolan kemudian menghasilkan karyanya yang fenomenal bagi pencinta film : Inception dan trilogi Batman (Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Night Rises). Mungkin lain waktu saya akan bercerita tentang film-film tersebut, hehe.. :)

Kembali ke film Memento, sinematografi pada film ini juga patut diacungi jempol. Ingat, alur film ini adalah mundur-maju. Nolan dan kru membedakan dengan jelas, mana yang alur mundur, mana yang alur maju. Pada film ini alur mundur adalah yang berwarna, sedangkan alur maju dibuat hitam-putih. Klimaks pada film ini  (untuk bagian sinematografinya) adalah saat bagian hitam-putih akhirnya berubah dengan bagian warna. Dengan kata lain, saat alur maju bertemu dengan alur mundur.

Bagi Saya, film seperti ini harus jelas siapa lakon, siapa bandit. Dan, nikmatnya alur mundur-maju ternyata di sini. Di awal digambarkan si A adalah orang jahatnya, nanti di pertengahan bisa jadi akan berubah jadi si B, dan di akhir akan jadi yang lain lagi. So, who’s the bad guy?  Silahkan disimpulkan sendiri. Saya tidak akan bercerita lebih banyak lagi tentang cerita filmnya. Selamat menonton aja deh bagi yang belum nonton. :)

Satu kata untuk menggambarkan film ini : Mindfuck! :D

About these ads

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

6 responses »

  1. selalu takjub ama film alur begitu.. hihi

    Reply
  2. film ini bisa dibilang master piece-nya pakde nolan.. :)

    Reply
  3. “Mindfuck”. Setuju :)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

%d bloggers like this: