RSS Feed

The Shawshank Redemption

Rasanya cukup wajar bila film ini menjadi nomor satu di peringkat film IMDB. Bagi saya pribadi, film yang disutradarai oleh Frank Darabont ini sarat akan nilai-nilai moral. Film ini bercerita tentang kehidupan di sebuah penjara bernama “Shawshank” yang mengambil setting waktu pada tahun 1947. Penjara ini adalah tempat berkumpulnya para terpidana seumur hidup. Bermacam dakwaan mereka mulai dari perampokan hingga pembunuhan, namun bagi sesama terpidana, pameo yg berkembang adalah “Everybody in here’s innocent.”

The Shawshank Redemption Adalah Andy Dufresne (Tim Robbins) yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Andy adalah seorang bankir, terpidana seumur hidup akibat membunuh istri dan pasangannya setelah menangkap basah mereka yg sedang berselingkuh. Sepanjang film, karakter yg nampak pada diri Andy cukup unik. Di awal film, IMO ia nampak kurang pantas menjadi tokoh utama, namun semakin ke penghujung film karakternya semakin nampak.

Di penjara ini Andy bertemu dg Red (Morgan Freeman) yg berperan sbg “pengusaha” di dalam penjara. Red menjadi juragan “bisnis” di kalangan terpidana. Bisnisnya antara lain dengan taruhan, dan penyedia barang-barang dari luar penjara. Bayarannya terkadang berupa rokok, minuman (bir), dan terkadang juga uang.

Red dan beberapa temannya kemudian menjadi akrab dengan Andy. Merekapun sebagai “senior” banyak memberikan masukan kepada Andy, termasuk memperingati Andy akan ancaman para homoseks di penjara yg kerap menyodomi terpidana lainnya. Para sipir penjara adalah orang yang kejam dan bengis. Di awal cerita bahkan seorang terpidana justru mati disiksa hanya gara-gara berisik di malam hari.

Cerita kemudian berlanjut ketika Andy baru berkenalan dg Red dan teman-temannya. Ketika itu Andy ingin bertransaksi dg Red, yaitu meminta Red mencarikan sebuah “Palu Geologist.” Awalnya Red menyangka bahwa Andy ingin kabur dg membobol dinding menggunakan palu tsb, namun setelah melihat palu tersebut hanya berukuran 6-7 inci, bagi Red itu butuh 600 tahun untuk membobol dinding penjara.

Ada banyak hal yang bisa diambil dari film ini.

  1. Dunia kadang “tidak adil” bagi kita.
    Di pertengahan film, datang seorang terpidana baru bernama Tommy yang membeberkan rahasia kepada Andy. Rahasia itu mengungkap siapa sebenarnya pembunuh istri Andy dan selingkuhannya. Andy cukup terkejut mengetahui hal itu karena memang yg ia ingat saat kejadian tsb ia sedang mabuk menyaksikan istrinya dan selingkuhan, lalu mengambil pistol di mobil. Andy memang benar-benar tidak bersalah, namun harus mendekam seumur hidup di penjara!
  2. Jangan pernah berputus asa.
    Ada sebuah kutipan dari Andy : “Remember Red, hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies.” Red adalah seorang yang sudah puluhan kali dikabarkan akan bebas, namun selalu “Rejected” oleh sipir penjara.
    Kutipan lain dari film ini : “Andy loved Geology. Geology is the study of pressure and time. That’s all it takes.
    dan kata-kata dari Red : “In prison, a man will do most anything to keep his mind occupied.
  3. Selalu menjadi orang yg bermanfaat bagi sekitar.
    Adalah Brooks Hatlen (James Whitmore) yang sudah mengabdikan dirinya menjadi pustakawan penjara selama sekitar 50 tahun sebelum akhirnya ia dibebaskan. Andy juga kemudian menjadi seorang analis pajak dg menggunakan ilmu akuntansinya untuk membantu menyelesaikan masalah pajak baik pribadi sipir maupun penjara itu sendiri.
  4. Selalu optimis.
    Salah satu scene yg cukup sedih adalah ketika Brooks yang sudah teramat sepuh akhirnya dibebaskan dari penjara. 50 tahun sudah ia mendekam di penjara, bahkan hingga menjadi seorang pustakawan cukup menggambarkan betapa penjara itu telah menjadi “dunia”-nya. Sebelum dibebaskan, ia sempat mengancam akan membunuh temannya sesama terpidana hanya krn ia ingin tetap berada di penjara. Setelah bebas, ia justru merasakan sempitnya hidup. Ia merasa masyarakat tidak menerimanya, sementara ia tidak memiliki keluarga lagi. Pada akhirnya, Brooks memilih mengakhiri hidupnya dg gantung diri.
    Kisah selanjutnya, Red akhirnya juga dibebaskan. Namun, ia selalu mengingat nasehat dari Andy ttg jangan pernah berputus asa. Scene film menggambarkan Red juga menempuh jalan yg sama dg Brooks setelah dibebaskan dari tahanan, mulai dari pekerjaan, hingga kamar yg disewa untuk tinggal. Sempat mulai bosan dengan kehidupan yg baru, ia teringat pesan Andy untuk menjumpainya setelah bebas di suatu tempat.
    Wait! Andy bebas? Nah!😀
  5. Istiqomah dalam mencapai tujuan.
    Andy pada akhirnya berhasil kabur dari penjara. Ia memang benar-benar membobol dinding penjara -hal yang mustahil bagi Red- dengan menggunakan palu geologist tsb. 20 tahun lamanya Andy mencongkel dinding penjara hingga ia bisa kabur. Usahanya ia lakukan setiap malam, dan pada pagi harinya Andy selalu membuang pecahan dinding yang berhasil ia congkel ke lapangan penjara. Untuk menyamarkan usahanya kabur, Andy menutup lobang dindingnya dengan menempel poster artis wanita sehingga tidak ada yg curiga terhadapnya. Selain itu, ia juga mengoleksi buah catur dan karya seni ukir lainnya utk menunjukkan seolah dia memang hobi membuat ukiran dari batu.
  6. Jangan takut pada kebatilan.
    Pekerjaan menjadi analis pajak dan akuntan penjara membuat Andy mengetahui korupsi yg dijalankan oleh kepala sipir penjara. Andy pada akhirnya tidak sekedar kabur, namun juga lari membawa barang bukti berupa buku catatan keuangan penjara. Pada akhirnya, setelah berada di luar penjara ia membongkar semuanya (korupsi dan penyiksaan di shawshank) hingga media ikut menyebarkan dan pemerintah menangkap sipir-sipir yang bermasalah tsb.

Satu kata untuk film ini : APIK!🙂

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: