RSS Feed

Manusia Radioaktif

Suatu unsur dikatakan memiliki sifat radioaktif jika memiliki inti atom yg tidak stabil. Sebut saja, unsur X diketahui memiliki atom inti tak stabil. Maka, unsur yg tak stabil ini akan memiliki kecenderungan melepaskan energi. Dalam bahasa yg lebih mudahnya, unsur X akan memancarkan radiasi. Semakin tak stabil inti atom, maka energi yg dilepas akan semakin besar, hingga puncaknya dapat menimbulkan ledakan.

Teori radioaktivitas di atas dapat dianalogikan pada diri kita. Manusia ibarat sebuah unsur yg memiliki inti atom. Jika “inti atom” manusia tidak stabil, maka ia akan dapat melepas radiasi dalam jumlah besar, bahkan bisa saja meledak.

Apa yg menjadi “inti atom” pada manusia?

“Ketahuilah, di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika ia baik, seluruh tubuh pun baik, dan jika ia rusak, seluruh tubuh pun rusak. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah qalb.” (HR Bukhari dan Muslim)

Layaknya sebuah unsur, setidaknya ada dua hal yg menyebabkan “inti atom” manusia tidak stabil :
1. Jumlah proton dan elektron yg tidak seimbang, dan
2. Reaksi terhadap lingkungan.
Artinya, jika itu bukan berasal dari dirinya sendiri, maka pasti berasal dari luar.

Fakta selanjutnya adalah pada manusia, “inti atom” sangat mustahil untuk stabil karena manusia pada hakikatnya adalah unsur radioaktif. Pilihannya sekarang, apakah akan kelebihan proton (muatan positif) atau elektron (muatan negatif). Sifat “radiasi” dari kelebihan dua muatan inipun akan berbeda. Bahkan, sifat “ledakan” pun akan berbeda.

“Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS Asy-Syams : 8-10)

Selamat meledak!!

——————————————————-
*sumber inspirasi : salah seorang mutarabbi🙂

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: