RSS Feed

Fiqh Mendengar Kritikan

*by : Ust Zulfi Akmal ~~ klik

Jangan sibukkan diri mendengar kritikan yang tidak membangun sekalipun mereka berkata: “Kritikan kami ini bukti kami sayang”. Bahkan jangan dengar sama sekali!

Kritikan yang tidak membangun hanya membuat malas dan tulang persendian jadi loyo. Kerja pun akan terbengkalai, prestasi jauh dan memang itulah yang diinginkan oleh lawanmu.

Jangan terlalu banyak mendengar kritikan, sekali pun membangun. Sebab kapan lagi kita mau bekerja. Dengar lah secukupnya, sekedar rem agar tidak sembrono. Kritikan itu bagaikan obat, kebanyakan obat akan over dosis. Bukan saja menambah penyakit, bahkan bisa membunuh.

Jangan sibuk membela diri. Jika kritikan itu benar, cukup ditanggapi dengan perbaikan. Tapi bila itu hanya tuduhan dan fitnah, berharaplah itu sebagai penghapus dosa dari Allah dan tambahan bekal tanpa usaha di akhirat kelak. Setelah itu tanggapi dengan diam dan terus bekerja.

Jangan sibukkan diri untuk memahamkan orang tentang dirimu. Bila niatnya baik, dia akan berusaha mencari berita yang benar tentang dirimu. Tapi bila kritikan didasari kedengkian dan sakit hati, sejelas apa pun keteranganmu, dan seterang apa pun dalil dan bukti, mereka akan tetap mencari celah untuk mencela dan menyudutkanmu.

Tebarkan lah kebaikan sekali pun tidak ada yang memberi apresiasi. Nabi Nuh berdakwah seribu tahun hanya segilintir orang yang istijabah. Hal itu tidak mengurangi semangat beliau berdakwah dan tidak menurunkan derajat beliau di sisi Allah.

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (At Taubah: 105)

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: