RSS Feed

Memaknai Ikhtilaf

Ayyub As-Syahtiyaniy berkata: “Kamu tidak akan mengetahui kesalahan gurumu sehingga kamu duduk di majlis orang selainnya”.

Orang-orang yang baru belajar ilmu dan agama seringkali ditimpa ta’assub, pandangan sempit, kurang adab, dan arogansi intelektual.

Sementara orang-orang yang telah lama belajar ilmu dan agama mengetahui betul bahwa banyak orang alim di dunia, banyak karya-karya besar nan bermanfaat yang telah ditinggalkan untuk generasi umat, menghormati para ulama-ulama dan thullaabul ‘ilmi, bersemangat mendengarkan kajian-kajian ilmu dari para syaikh, dan tentu menjadi bijak dan arif.

Banyak sekali perselisihan dikalangan ulama dan imam dalam masalah fiqh. Namun, perselisihan mereka merupakan rahmat dan keluasan syariah. Perselisihan mereka menjadikan penelaahnya semakin alim dan khabir.

Sebaliknya banyak juga perselisihan dikalangan sufaha` dan juhala`, tetapi ucapan mereka membuat pusing dan pening setiap yang membacanya. Membuat orang jadi baliid (bebal) dan humuq (dungu). Mereka bicara tanpa dhawabit, tanpa kaedah-kaedah ilmu. Mereka tidak memiliki komitmen kepada kebenaran, keadilan dan kejujuran. Akhirnya yang terjadi adalah permusuhan dan kebencian.

Ya Allah, ajarkanlah kepada kami ta`wil dan jadikanlah kami faqih dalam agama. Berikanlah hidayah kepada kami terhadap perselisihan yang terjadi. Anugerahkanlah kepada kami sifat inshaaf. Serta tunjukkanlah kepada kami yang benar adalah benar dan anugerahkanlah kepada kami kemampuan mengikuti dan membelanya. Dan tunjukkanlah kepada kami yang bathil adalah bathil sekalipun berasal dari orang yang kami cintai serta anugerahkanlah kepada kami kemampuan untuk meninggalkannya dan menjelaskannya kepada manusia.

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: