RSS Feed

Pemenang Kehidupan

mindset-pemenang

Alkisah, suatu hari dua sahabat menghampiri sebuah lapak untuk membeli buku dan majalah. Ternyata sang penjual melayani para pembeli dengan buruk. Mukanya cemberut, bicaranya sama sekali tidak ramah.

Orang pertama jelas merasa jengkel mendapat layanan seperti itu. Raut mukanya menunjukkan bahwa ia tidak betah berlama-lama di sana. Akan tetapi, orang kedua justru merasa enjoy bahkan tetap berlaku sopan terhadap penjual itu.

Orang pertama bertanya pada sahabatnya itu, “Hei, kenapa kamu bersikap sopan pada penjual yang menyebalkan itu?”

Orang kedua menjawab, “Lho, memangnya kenapa? Jika ia bersikap tidak ramah, mengapa kita tidak bisa berlaku sopan padanya?”

“Tapi ia melayani kita dan pembeli lainnya dengan buruk sekali.” bantah orang pertama dengan jengkel.

“Itu masalah dia. Dia bad mood, tidak sopan, melayani dengan buruk, sama sekali bukan urusan kita. Kalau kita sampai terpengaruh, artinya kita membiarkan dia mengatur dan mempengaruhi sikap kita. Padahal, sikap dan tindakan kita mestilah kita sendiri yang menentukannya, bukan orang lain. Toh kitalah yang bertanggung jawab atas diri sendiri.”

***

Seringkali tindakan dipengaruhi oleh tindakan orang lain kepada kita. Jikalau orang memperlakukan kita dengan buruk, kita pun akan membalas perlakuan buruk tersebut. Andai ada yang tidak sopan pada kita, kerap kali kita pun akan berlaku tak sopan. Terhadap orang yang pelit, boleh jadi kita yang biasanya murah hati berubah menjadi pelit saat berurusan dengannya.

Lantas, mengapa tindakan kita harus dipengaruhi oleh orang lain?
Mengapa untuk berbuat baik, kita mesti menunggu diperlakukan baik terlebih dahulu?

Jagalah suasana hati, jangan biarkan sikap buruk orang lain pada kita menentukan cara kita bertindak. Selalu pilih untuk berbuat baik, meskipun menerima hal yang tak baik.

Pemenang kehidupan adalah orang yang tetap sejuk di tempat yang panas. Ia yang terasa manis sekalipun di tempat yang teramat pahit. Ia yang selalu merasa kecil meskipun telah menjadi besar. Dan ia yang senantiasa tenang di tengah badai yang teramat hebat!

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: