RSS Feed

Kebebasan Hakiki

Duit duitku sendiri, mengapa Anda sewot?

Ungkapan seperti ini acap kita dengar. Terutama saat menegur orang yang berbuat tidak baik. Saat menegur orang yang membelanjakan harta di jalan yang haram, ia berujar demikian. Ketika melarang orang dari perbuatan yang tidak baik, mereka berucap, “Badan badanku sendiri, apa urusan Anda?” dan ucapan senada lainnya.

Ucapan ini menggambarkan bahwa seseorang merasa bebas. Ia merasa bahwa dirinya bebas dan dengan sesuka hati dapat berbuat apapun. Di samping itu, ia juga merasa satupun tak ada yang berhak melarang keinginannya. Apapun yang diingininya, tak boleh ada yang mencampuri apalagi menghalangi kemauannya.

Boleh jadi, impian dan cita-cita terbesarnya memang adalah mewujudkan segala selera dan kemauannya, tanpa ada yang menghalang-halangi atau membatasi.

Pola pikir seperti ini sesungguhnya mesti dikikis habis dari pribadi seorang muslim. Sebabnya jelas, karena hanya Allah yang patut kita turuti kemauan-Nya. Seorang muslim sebagai hamba Allah, hendaknya patuh pada perintah dan larangan-Nya. Dan, senantiasa membebaskan diri dari perbudakan kepada syahwat dan kepuasan pribadi. Inilah yang membedakan antara seorang muslim dan orang yang musyrik.

Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka (syahwat) padahal sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka. [An-Najm : 23]

Semoga kita telah terbebas dari belenggu syahwat menuju pada kebebasan yang hakiki, yakni ketundukan pada Allah semata.

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: