RSS Feed

Sesal

Dan ingatlah hari akhirat ketika orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: “Aduhai kiranya dahulu aku mengambil jalan (yang benar) bersama Rasul. Aduhai kiranya aku dahulu tidak menjadikan si fulan sebagai teman akrabku.” (Al-Furqan: 27-28)

Betapa indah ayat ini berbicara tentang manusia-manusia yang baru mau sadar ketika kesadaran tidak lagi bermakna. Baru mau menyesal saat penyesalan tiada lagi berguna. Di dunia, saat kebenaran sudah demikian nyata, ada rasa malu untuk mengakui kebenaran. Ada rasa gengsi yang menghalangi untuk menarik ucapan yang sudah terlanjur berbuih-buih dikoarkan. Prinsipnya, terlanjur basah, lebih baik mandi sekalian. Terlanjur mendukung kebatilan, pantang mundur hingga ke liang kubur. Soal benar atau salah itu nanti, kini yang penting adalah mempertahankan gengsi diri.

Imam Ibnu Katsir menafsirkan dua ayat di atas dengan menyebutkan ayat lain dalam surat Al-Ahzab: “Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikkan di dalam neraka, mereka berkata: “Alangkah baiknya, andaikata dahulu kami taat kepada Allah dan Rasul. Ya Rabb, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan yang benar.” (Al-Ahzab: 66-67)

Ya, terlanjur memproklamirkan loyalitas kepada para tokoh yang selama ini dipuja, sehingga malu untuk surut ke belakang ketika ternyata kebenaran berbicara lain. Akhirnya, alih-alih mengaku salah dan insaf, malah sibuk mencari pembenaran dengan berbagai dalil. Alih-alih bertobat, malah mati-matian menegakkan kebatilan yang kini terlihat bak matahari di siang bolong. ya, ibarat menegakkan benang basah.

“Berlayarlah kebenaran.. Selamanya dikau tidak pernah memerlukan manusia yang mendukungmu. Kelak mereka akan tahu, betapa mereka keliru ketika enggan menyuarakanmu.”

*H. Irsyad Azizi, Lc., Dipl.

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: