RSS Feed

Katak Rebus

katakSeorang ilmuwan mengadakan suatu percobaan. Ia mengambil seekor katak, lalu melemparkannya ke sebuah bejana berisi air panas. Dengan lincah dan cekatan katak itu langsung meloncat keluar dari bejana tersebut. Ilmuwan itu membiarkan beberapa menit. Kemudian ia kembali mengambil katak tadi dan menyiramnya dengan air dingin. Katak itupun jadi lebih tenang.

Selanjutnya ia meletakkannya di dalam sebuah bejana besar yang berisi air dingin. Katak itu diam beberapa waktu sampai ia betul-betul tenang.

Tidak beberapa lama, Ilmuwan itu menyalakan api di bawah bejana dengan cara berangsur-angsur dan lambat. Suhu air meningkat antara 10-15 derajat dalam beberapa menit. Kemudian apinya lebih dibesarkan dan suhu air mulai meningkat satu derajat dalam setiap menit, sampai air itupun mendidih. Sementara katak yang berada di dalamnya tidak bergerak sama sekali, hingga akhirnya katak malang itu mati.

Ilmuwan itu menarik kesimpulan bahwa:

“Katak tidak merasakan perubahan secara perlahan-lahan pada lingkungan di sekitarnya, sekalipun hal itu akan mengakibatkan akhir dari kehidupannya”.

***

Sudah seharusnya kita segera sadar terhadap perubahan yang terjadi di sekitar kita. Banyak orang yang kehidupannya mundur ke belakang secara perlahan. Banyak pula orang yang dipukul oleh kehidupan dengan lambat, sementara mereka tidak sadar. Padahal pukulan itu lambat laun akan mencelakakannya. Mereka tidak sadar juga kecuali ketika sudah parah, saat nasi sudah jadi bubur. Terlambat sudah, tiada guna penyesalan.

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

2 responses »

  1. Suka sama tulisan ini. Pengingatan banget. Barangkali kita sering meremehkan hal-hal kecil. Tapi justru itulah yang mematikan kita. Melumpuhkan secara perlahan, membuat kita lalai lantas tak berdaya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: