RSS Feed

Kerja adalah..

W = \int_{C} \vec F \cdot \vec{ds}

Kerja (Work), atau usaha sebagaimana didefinisikan oleh persamaan di atas adalah energi yang disalurkan oleh sebuah gaya sehingga menghasilkan gerak atau terjadi perpindahan. Persamaan di atas mengandung sebuah integral C, yang mana merupakan lintasan gerak benda.

Hal yang perlu digarisbawahi dari persamaan di atas adalah adanya unsur gaya (F), dan unsur perpindahan (ds). Gaya adalah besaran vektor. Artinya dalam persamaan gaya membutuhkan arah, tidak hanya besaran/nilai saja. Sedangkan Usaha(W) itu sendiri adalah besaran skalar yang merupakan hasil perkalian titik F dan ds. W bisa bernilai positif maupun negatif.

Persamaan yang sangat sederhana ini sebetulnya memiliki makna yang luar biasa. Kerja, atau usaha, disebut bernilai positif hanya jika gaya yang diberikan mampu menghasilkan perpindahan. Anda mendorong tembok sekuat apapun, belum bisa disebut kerja apabila tembok yang diberikan oleh gaya dorong tersebut belum berpindah posisi dari kedudukan semula. Sebaliknya, Anda menyentuh kelereng sedikit saja dan kelereng tersebut kemudian menggelinding, maka itu disebut kerja.

Kerja, akan bernilai maksimal jika arah dari gaya searah persis dengan perpindahan yang dihasilkan. Sederhananya, Anda memberikan gaya ke kanan, mestinya benda berpindah ke kanan pula. Bila perpindahan benda membentuk sudut tertentu, relatif terhadap arah gaya, maka kerja yang dihasilkan memiliki nilai yang lebih rendah. Sebaliknya, kerja akan bernilai negatif jika perpindahan berlawanan arah dengan gaya yang diberikan.

Dari uraian tentang persamaan kerja di atas, setidaknya dapat diambil tiga poin:

  • Kerja bernilai nol bila tidak ada perpindahan.
    Apapun yang anda kerjakan, berapapun energi yang anda keluarkan untuk menghasilkan gaya, tetapi tidak mampu menghasilkan perpindahan, maka itu belum dapat disebut sebuah kerja. Demikian halnya dalam hidup ini. Setiap orang melakukan usaha ataupun kerja, jelas bertujuan untuk menghasilkan sebuah perubahan dalam hidup. Dan setiap orang ingin berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Maka berdiam diri jelas tidak akan menghasilkan apa-apa, dan sama sekali tidak dapat disebut sebagai kerja.
  • Perhatikan arah perpindahan.
    Dalam melakukan kerja, baik itu bekerja untuk mencari nafkah, menimba ilmu, hingga kerja dakwah sekalipun, ada target-target yang ingin dicapai. Dalam kerja dakwah misalnya, terkadang hasil yang diperoleh tidak mencapai target yang diinginkan. Maka hanya ada dua penyebabnya: Gaya yang belum maksimal, atau arah perpindahan (manhaj) yang melenceng.
  • Berhati-hatilah dengan kerja yang negatif.
    Benar, kerja sangat mungkin bernilai negatif. Dan ini adalah kesalahan yang paling fatal saat melakukan kerja apapun dalam hidup ini. Adakalanya gaya yang kita berikan justru menghasilkan perpindahan yang berlawanan. Jika ini terjadi, segera sadari hal tersebut. Periksalah kembali seperti apa anda memberikan gaya terhadap objek kerja anda. Boleh jadi gaya yang diberikan dengan cara yang tidak tepat akan menghasilkan sebuah resistensi. Inilah mengapa dalam kerja dakwah, hendaklah diiringi dengan hikmah. Sehingga kerja dakwah yang diiringi dengan hikmah, kecil kemungkinan bernilai negatif.

About Hajid Al Mahdy

Hajid Al Mahdy, sebuah nama pena. Seorang Muslim yang berdarah Minang, terlahir pada tahun 1992. Memiliki golongan darah AB. Saat ini masih berstatus mahasiswa di Yogyakarta.

4 responses »

  1. Pusing liat rumusnya😀 hahah ma’lum bukan anak fisika/matematika..jdi agak sensitif kalau liat rumus🙂 Boleh juga bisa di kaitkan satu sama lain..sip sip sip

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: